Sunday, April 11, 2010

ROKOK DAN BAHAYANYA

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bosan kupas masalah syirik, khurafat dan bid'ah ?...Oke ..kita ambil topik lain dulu yaitu tentang rokok dan bahayanya.
Saya tidak mau berpolemik tentang hukum rokok menurut fatwa MUI yg lagi ramai..yg tentu saja ada yg pro dan kontra tetapi saya melihatnya dari sudut yang lain.
Sesuatu yg disenangi tentu saja sangat sulit untuk ditinggalkan...dan maaf bagi para perokok semoga kupasan ini ada manfaatnya..

 Kalau kita bicara tentang rokok, maka lebih banyak negatifnya (katanya mantan perokok, korban asap rokok/perokok passif, perokok, dan Industri Rokok). Bukan hanya dari sisi kesehatan perokok, tapi juga perokok passif (orang yang ada di sekitarnya), bahkan Bumi pun Menangis gara-gara asap rokok. Dari segi Kesehatan Jelas Rokok dapat menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, Gangguan Kehamilan dan Janin. Rokok dibuat dari tanaman tropis Tembakau (Nicotiana tobaccum). Apabila dibakar, asap yang dihasilkan mengandung kurang lebih 4000 racun dengan 3 komponen utama yaitu Nikotin yang menyebabkan ketergantungan, TAR yang bersifat karsinogenik (pencetus kanker), dan karbon monoksida yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Selain itu komponen2 lain yang terdapat di dalam rokok yaitu Fenol (bahan pembersih lantai), Aseton (bahan pembersih cat kuku), Arsen (bahan racun tikus), Merkuri (penyebab penyakit minamata), Hidrogen Sianida, Formalin (bahan pengawet mayat). Ngeri!!. Jadi yang selalu berbicara Keadilan ialah menempatkan sesuatu pada tempatnya kemudian masih merokok berarti ia tidak Adil sejak dalam pikiran. Bayangkan Formalin, Merkuri, Arsen, Aseton, dan Fenol masuk kedalam tubuh anda. Apa itu Adil??.

Bagi Pecinta Lingkungan/RiMBaWaN
Rokok tenyata tidak hanya berdampak bagi perokok ternyata Alam pun menangis gara-gara asap rokok. Tidak Percaya?. Asap rokok memang bukan penyebab utama global warming, itu hanya sebagian kecil. Bahkan sebagian orang berpendapat asap rokok tidak terlalu berpengaruh terhadap laju pemanasan global. Efek Rumah Kaca, CFC, asap kendaraan bermotor, pembakaran hutan dan sampah jauh memiliki andil yang lebih besar dan saham yang lebih banyak terhadap global warming. Tapi tahukah bahwa asap rokok mengandung gas-gas rumah kaca seperti CO2 dan metana, yang juga menyebabkan pemanasan global. Berdasarkan data yang tercatat merokok diseluruh dunia tiap tahun melepaskan 2,6 milyar kilogram CO2 dan 5,2 milyar kilogram metana. Jadi Berhentilah merokok, selamatkanlah Bumi dari ancaman Racun Dunia “Rokok”.
Sumber : http://www.facebook.com/pages/Generasi-Tanpa-Rokok/

0 comments:

Post a Comment